Notice: Use of undefined constant hal - assumed 'hal' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 6

Notice: Use of undefined constant judul - assumed 'judul' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 9

Notice: Use of undefined constant penulis_utm - assumed 'penulis_utm' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 10

Notice: Use of undefined constant abstrak - assumed 'abstrak' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 11

Notice: Use of undefined constant jml_baca - assumed 'jml_baca' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 13

Notice: Undefined variable: u_id in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 14

Notice: Use of undefined constant judul - assumed 'judul' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 19

Notice: Use of undefined constant desc - assumed 'desc' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 20

Notice: Use of undefined constant keyword - assumed 'keyword' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 21

Notice: Undefined variable: subject in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 21

Notice: Undefined variable: keyword in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 25

Notice: Use of undefined constant keyword - assumed 'keyword' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 27
UNS Digital library | Bambang Mursito | PEMBERDAYAAN PENGRAJIN MEBEL DI DESA TRANGSAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO
PEMBERDAYAAN PENGRAJIN MEBEL DI DESA TRANGSAN KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO
Oleh :
Bambang Mursito
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengungkapkan kondisi pengrajin, 2) mengidentifikasi lingkup kegiatan pemberdyaan, 3) menganalisis keunggulan dan kelemahan pemberdayaan yang telah dilaksanakan, 4) merumuskan model pemberdayaan pengrajin di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian di Trangsan Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, dengan pertimbangan: Trangsan merupakan sentra pengrajin industri mebel. yang terdiri dari beberapa jenis tingkatan pengrajin. Sebagai sentra industri mebel mendapatkan perhatian cukup besar dari berbagai pihak yang melakukan pemberdayaan. Penentuan sampel dengan Snowball sampling technique, Sumber data diperoleh dari pengrajin, data statistik, laporan literatur, data desa, dan informan. Analisis data dilakukan dengan interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Industri kerajinan mebel di desa Trangsan memiliki kelemahan-kelemahan maupun kekuatan-kekuatan, berkaitan dengan itu, dapat dikatakan bahwa industri mebel di Trangsan mempunyai potensi yang besar untuk bisa dikembangkan. Guna mengembangkan industri mebel di Trangsan, perlu dilakukan pemberdayaan dengan pola empat bina, yaitu bina manusia, bina usaha, bina lingkungan, dan bina kelembagaan. Keempatnya harus dilakukan secara simultan dan terintegrasi, agar dampak pemberdayaannya bisa terukur maju. Pemberdayaan yang dilakukan oleh banyak pihak ternyata mampu memberikan wawasan yang cukup berarti bagi industri mebel Trangsan. Hanya saja masih menyisakan berbagai kendala, Akar masalah dari kelemahan ini adalah pemberdayaan yang ada dilakukan secara parsial, tidak berupa kebijakan yang bersifat sistemik. Guna membangun sistem pemberdayaan yang sesuai dengan karakter industri mebel di Trangsan harus melibatkan semua elemen stakeholder. Model ini disebut dengan model pemberdayaan berbasis sinergisitas, karena mensinergikan semua elemen yang ada untuk melakukan pemberdayaan.
[ pdf ]
Notice: Undefined variable: data in /usr/home/dglib/www/lib/main_lib.php(41) : eval()'d code on line 16

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.