Notice: Use of undefined constant hal - assumed 'hal' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 6

Notice: Use of undefined constant judul - assumed 'judul' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 9

Notice: Use of undefined constant penulis_utm - assumed 'penulis_utm' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 10

Notice: Use of undefined constant abstrak - assumed 'abstrak' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 11

Notice: Use of undefined constant jml_baca - assumed 'jml_baca' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 13

Notice: Undefined variable: u_id in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 14

Notice: Use of undefined constant judul - assumed 'judul' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 19

Notice: Use of undefined constant desc - assumed 'desc' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 20

Notice: Use of undefined constant keyword - assumed 'keyword' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 21

Notice: Undefined variable: subject in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 21

Notice: Undefined variable: keyword in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 25

Notice: Use of undefined constant keyword - assumed 'keyword' in /usr/home/dglib/www/abstrak.php on line 27
UNS Digital library | Wahyu Tri Prasetyo | ANALISIS HUBUNGAN DERAJAT KEJENUHAN (V/C) DAN KECEPATAN SESAAT TERHADAP KEJADIAN KECELAKAAN (STUDI KASUS RUAS JALAN IR. SUTAMI SURAKARTA)
ANALISIS HUBUNGAN DERAJAT KEJENUHAN (V/C) DAN KECEPATAN SESAAT TERHADAP KEJADIAN KECELAKAAN (STUDI KASUS RUAS JALAN IR. SUTAMI SURAKARTA)
Oleh :
Wahyu Tri Prasetyo
Ruas jalan Ir. Sutami Surakarta merupakan pintu gerbang sebelah timur menuju Kota Surakarta dan sekitarnya. Letak jalan yang strategis baik secara geografis, sosial dan ekonomi menyebabkan banyaknya pergerakan kendaraan. Pada jam-jam sibuk volume lalu lintas masing-masing arah tidak seimbang yang mengakibatkan penumpukan kendaraan pada salah satu arah sehingga secara tidak langsung memicu terjadinya kecelakaan. Berdasarkan catatan Satlantas Polresta Surakarta kejadian kecelakaan pada ruas jalan Ir. Sutami cukup tinggi selama lima tahun terakhir. Tingginya angka kecelakaan pada ruas jalan ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian. Diduga faktor penyebab kecelakaan adalah derajat kejenuhan (V/C) dan kecepatan sesaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan V/C rasio dan kecepatan sesaat kendaraan terhadap kejadian kecelakaan, karena kecelakaan lalu lintas merupakan masalah yang komplek sehingga perlu penanganan serius untuk mengurangi dampak yang diakibatkan. Metode penelitian ini menggunakan metode observasi. Langkah pertama yang dilakukan yaitu mengumpulkan data sekunder berupa data kecelakaan lalu lintas dari Kepolisian, sedangkan data primer berupa arus/volume lalu lintas dan kecepatan sesaat. Dalam melaksanakan survei untuk pengambilan data primer tetap merujuk kepada data sekunder terutama pendekatan terhadap lokasi, hari, dan waktu kejadian kecelakaan yang telah terjadi. Lokasi penelitian dari simpang empat tugu Cembengan sampai dengan sebelah sisi barat jembatan Jurug. Hasil dari analisis data diperoleh nilai r=0,553 dari nilai R2=0,306 dan semua nilai V/C <0,75 untuk hubungan antara V/C rasio dengan kejadian kecelakaan. Nilai r=0,732 dari nilai R2=0,536 untuk arah normal dan nilai r=0,294 dari nilai R2=0,086 untuk arah oposite dari analisis hubungan antara kecepatan sesaat dan V/C rasio terhadap kejadian kecelakaan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan secara tidak langsung antara V/C rasio dan kecepatan sesaat terhadap kejadian kecelakaan, karena semua nilai V/C <0,75 dan nilai R2=0,536>0,5 untuk kecepatan arah normal. Sebagian besar kejadian kecelakaan terjadi pada waktu siang hari (kondisi terang) dan kecepatan rata-rata di atas batas kecepatan dalam kota (50km/jam) sebanyak 89,72% untuk arah normal dan 85,98% untuk arah oposite.
[ pdf ]
Notice: Undefined variable: data in /usr/home/dglib/www/lib/main_lib.php(41) : eval()'d code on line 16

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.