HUBUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DENGAN PERKEMBANGAN ANAK DI KELURAHAN SELOSARI KECAMATAN MAGETAN KABUPATEN MAGETAN
Oleh :
Wikan Agustriyani
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan perkembangan anak. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah anak-anak yang berusia 1-4 tahun yang mengikuti PAUD dan tidak mengikuti PAUD di Kelurahan Selosari Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan . Penelitian ini menggunakan teknik sampling multistage sampling. Variabel bebas adalah PAUD. Varibel terikatnya perkembangan anak. Pengumpulan data dengan cara wawancara langsung dan uji DDST. Analisis hubungan menggunakan chi square dengan tingkat kesalahan (Alpha) 0,05. Hasil Penelitian menunjukkan sebanyak 72 anak-anak usia 1-4 tahun menjadi subjek penelitian. 23 (100%) anak-anak yang mengikuti PAUD mempunyai perkembangan yang normal. Untuk anak-anak yang tidak mengikuti PAUD didapatkan hasil sebanyak (13) 26,54% mempunyai perkembangan yang normal, (36) 73,46% mempunyai perkembangan yang suspect. Uji analisis chi square dengan tingkat kesalahan (Alpha) 0,05 diperoleh hasil yang signifikan (p=0,000). Maka disimpulkan Ho ditolak sehingga ada hubungan antara pendidikan anak usia dini dengan perkembangan anak. Nilai contingensi coeffisien sebesar 0,565 menandakan tingkat hubungan sedang, searah dan mempunyai korelasi positip.Simpulan ada hubungan antara pendidikan anak usia dini dengan perkembangan anak.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.