PENERAPAN PENDEKATAN STM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PARE 2 MONDOKAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2011/2012
Oleh :
Martya Jita Sari
Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pare Mondokan Sragen. Bentuk Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakan Kelas Yang Terdiri Dari Dua Siklus, Dengan Tiap Siklus Terdiri Dari Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Subjek Penelitian Adalah Siswa Kelas IV SD Negeri Pare Yang Berjumlah Siswa. Sumber Data Berasal Dari Guru Dan Siswa. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Observasi, Angket, Dan Dokumentasi. Validitas Data Menggunakan Teknik Triangulasi Metode. Teknik Analisis Data Menggunakan Model Analisis Interaktif Yang Terdiri Dari Tiga Komponen Yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, Dan Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan Hasil Penelitian Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Dapat Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Pare Mondokan Sragen Tahun Ajaran / . Hal Ini Ditunjukkan Dari Kondisi Awal Sebelum Tindakan Nilai Rata Rata Keaktifan Belajar Siswa Adalah Atau % Siswa Telah Aktif Dalam Pembelajaran. Siklus I Nilai Rata Rata Keaktifan Belajar Siswa Adalah Atau % Siswa Telah Aktif Dalam Pembelajaran Dan Siklus II Nilai Rata Rata Keaktifan Belajar Siswa Meningkat Menjadi Atau % Siswa Telah Aktif Dalam Pembelajaran. Dengan Demikian Dapat Diajukan Rekomendasi Bahwa Melalui Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Dapat Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA. Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Sains Teknologi Masyarakat (STM)

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.