PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENERAPAN STRATEGI IDENTIFIKASI BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK PADA SISWA KELAS X-A SMA NEGERI 1 GEMOLONG TAHUN AJARAN 2011/2012
Oleh :
Joko Widodo
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis puisi siswa kelas X-A SMA Negeri 1 Gemolong dengan strategi pengajaran identifikasi berbasis kecerdasan majemuk. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dengan menerapkan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa dan guru bahasa Indonesia kelas X-A SMA Negeri 1 Gemolong tahun pelajaran 2011/2012. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Validitas data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan dua teknik, yakni triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis kritis dan deskripsi komparatif (statistik deskripsi komparatif) merupakan teknik analisis data pada penelitian ini. Penelitian ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dan kemampuan siswa. Keaktifan siswa dapat dilihat dari, yakni aktif (1) memperhatikan penjelasan guru; (2) menyimpulkan pengertian dan karakteristik puisi; (3) memperhatikan contoh puisi yang ditampilkan baik berupa video ataupun lembar puisi; (4) mengidentifikasi contoh puisi yang diberikan; (5) bertanya tentang masalah yang belum dipahami; dan (6) merefleksikan pembelajaran. Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa dapat dilihat dari nilai akhir siswa. Siklus I nilai rata-rata 74,0 dengan persentase ketuntasan 75% atau 24 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata naik menjadi 78,0 dengan persentase ketuntasan 96,88% atau 31 siswa. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi identifikasi berbasis kecerdasan majemuk dapat meningkatkan keaktifan siswa dan kemampuan menulis puisi siswa.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.