ANALISIS LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, RENTABILITAS, UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA BPR “BANK PASAR” KABUPATEN SUKOHARJO PERIODE 2000 –2002
Oleh :
Ani Puji Hastuti
ABSTRAK Analisis laporan keuangan sangat penting dilakukan oleh bank, untuk dapat mengetahui perkembangan kegiatan usaha yang dilakukan oleh bank atau kinerja dari bank tersebut. Salah satu teknik yang digunakan untuk analisis laporan keuangan yaitu dengan mengukur rasio-rasio likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian pada PD. BPR “Bank Pasar” Kabupeten Sukoharjo untuk mengetahui berapa tingkat likuiditas, solvabilitas, rentabilitas selama periode 2000 – 2002, apakah ada kenaikan atau penurunan rasio likuiditas, solvabilitas, rentabilitas selama periode 2000 – 2002, dan faktor faktor apa yang mempengaruhi kenaikan atau penurunan tersebut. Data utama yang digunakan penulis, dalam penelitian yaitu neraca dan laporan rugi-laba PD. BPR “Bank Pasar” Kabupaten Sukoharjo selama periode 2000 – 2002. Dalam menganalisis laporan keuangan PD. BPR. “Bank Pasar” Kabupaten Sukoharjo ini, penulis menggunakan beberapa rasio yaitu cash ratio, loans to deposits ratio, loans to assets ratio, primary ratio, deposits risk ratio, capital ratio, gross profit margin, net profit margin, gross yield on total assets. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan penulis diperoleh hasil sebagai berikut : 1. PD. BPR “Bank Pasar” selama periode 2000 – 2002 dalam keadaan likuid hal ini menunjukkan kemampuan bank untuk memenuhi kebutuhan likuiditasnya yang harus segera dipenuhi. 2. Tingkat solvabilitas selama periode 2000 – 2002 baik yang menunjukkan adanya kecukupan modal yang mendukung operasi bank dan kemampuan menyerap kerugian-kerugian bank yang terjadi dalam melakukan penanaman dana atau akibat penurunan aktiva. 3. Tingkat rentabilitas selama periode 2000 – 2002 baik yang menunjukkan kemampuan dari bank untuk menghasilkan laba mengalami peningkatan. Saran yang diberikan penulis untuk PD. BPR “Bank Pasar” Kabupaten Sukoharjo yaitu berkaitan dengan peningkatan efisiensi usaha dengan menjaga kualitas pinjaman. Untuk meningkatkan likuiditas bank dengan cara mempergiat penagihan terhadap tunggakan kredit yang diberikan, serta meningkatkan pendapatan operasional dengan memaksimalkan penggunaaan aktiva dalam kegiatan operasional bank.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.