MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN PORTOFOLIO MELALUI WEBLOG DI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR DEMAK
Oleh :
Suntono
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahaui: 1) Latar belakang pembelajaran bahasa Inggris dengan portofolio melalui weblog di SMAN 1 Karanganyar Demak. 2) Pelaksanaan model pembelajaran bahasa Inggris dengan portofolio melalui weblog di SMAN 1 Karanganyar Demak. 3) Kelebihan dan kekurangan pembelajaran bahasa Inggris dengan portofolio melalui weblog di SMAN 1 Karanganyar Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtitatif deskriptif jenis studi kasus tunggal terpancang (embedded case study research) berusaha menggali sebanyak mungkin fakta sesuai dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru bahasa Inggris dan siswa. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data diperoleh dengan ketekunan pengamatan, keterlibatan terus menerus, trianggulasi data (sumber) dan metode. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa; 1). Latar belakang model pembelajaran dengan portofolio melalui weblog adalah; (a). Kemampuan melulis siswa masih rendah, (b) Kurangnya praktik menulis, (c) Kurangnya media publikasi tulisan siswa, (d) Maraknya teknologi informasi, (e) Sekolah memiliki fasilitas internet. (e) Tersedianya layanan weblog gratis dari google. 2) Dalam proses pembelajaran guru memfokuskan pada pembelajaran menulis (writing), suatu materi yang memiliki kompleksitas tinggi dari empat keterampilan berbahasa; listening, speaking, reading dan writing. Materi pembelajaran terbagi menjadi 3 (tiga); (a) menulis bebas (free writing), siswa dibangkitkan untuk menulis baik dipandu guru, dengan memberi provokasi (gambar, kata-kata maupun imajinasi) maupun berkreativitas sendiri menghasilkan tulisan yang didokumentasikan sebagai portofolio di weblog. (b) menulis buku harian (dairy writing), siswa diberi tugas kegiatan mandiri, menulis aktivitas setiap hari sebagai buku harian siswa yang diabadikan dalam weblog dan (c) menulis berbasis genre / teks (genre base writing) merupakan materi wajib yang harus dkuasai siswa supaya memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar kompetensi lulusan. 3) Kelebihan menggunakan weblog sebagai media pembelajaran; (a) Siswa bisa mencurahkan kegiatan dalam buku harian dan tulisan bebasnya (b) Siswa dan guru bisa saling berkomunikasi dan berinteraksi untuk mengembangkan keterampilan menulis. (c) Siswa merasa bangga karena memiliki ruang pamer melalui weblognya (d) Portofolio siswa tersimpan aman di web bisa dibuka kapa saja dan siapa saja, sedangkan kelamahannya; (a) Ketika multimedia tutup di sore hari siswa malas pergi ke warnet karena pertimbangan biaya Rp.3000,- per jam. (b) Karena kesibukan, guru tidak bisa mengedit semua tulisan siswa (c) Siswa kecewa kalau tulisannya tidak mendapat komentar. Solusinya perlu ada pemberdayaan interaksi antar siswa untuk mengurangi beban guru.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.