INTENSIFIKASI DINAS PENDAPATAN DAERAH DALAM MENINGKATKAN PAJAK DAERAH MELALUI PAJAK REKLAME DI KOTA SURAKARTA.
Oleh :
Alim Wibisono
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Intensifikasi Peningkatan Penerimaan Pajak Reklame yang di lakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah (DIPENDA) Wilayah Kota Surakarta. Penelitian ini di lakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan dukungan data kualitatif, teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi dan menggunakan dokumen yang ada, sedangkan sumber data adalah data primer dari Kepala Sub Dinas dan Staf Dinas Pendapatan Kota Surakarta secara Purpose Sampling serta data sekunder yaitu berupa arsip, surat dan dokumen yang berkaitan dengan peningkatan pajak reklame. Teknik analisa yang di gunakan yaitu teknik analisa interaktif dan untuk menjamin validitas data menggunakan triangluasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa peningkatan Penerimaan Pajak reklame di lakukan dengan Intensifikasi pajak. Intensifikasi pajak reklame di lakukan dengan 1) Pengembangan SDM. di lakukan dengan Diklat, Kursus, Rotasi antar Pegawai serta Studi Banding. 2) Peningkatan Koordinasi dan Kerjasama dengan Instansi Terkait, antara lain di lakukan dengan Koordinasi Internal yaitu dengan rapat evaluasi dan dengan apel pagi dan sore Untuk kerjasama dengan instansi terkait, bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surakarta, Dengan tiga Cabang Dinas, DPU, DKP, dengan Badan Pemeriksa Keuangan, dan Departemen Keuangan.3) Pengawasan, Intern terhadap kinerja para pegawai dinas di lakukan dengan melalui laporan pertanggungjawaban dari masing-masing Kepala Sub Dinas ke Kepala Dinas. Sedangkan Pengawasan Ekstern di lakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pusat, Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP), Badan Pengawas Daerah (BAWASDA) 4) Peningkatan Sarana dan Prasarana Pemungut di antaranya di lakukan dengan mengupayakan untuk mengamandemen Perda No 5 Tahun 1999,. Tilang pajak reklame, dengan penambahan mobil untuk menertibkan reklame. dan melakukan sosialisasi pajak reklame Hambatan dalam intensifikasi pajak reklame adalah, masih rendahnya tingkat kesadaran wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakanya, kurangnya tenaga tim penertib reklame dibandingkan dengan banyaknya jumlah reklame yang ada, kurangnya sarana dan prasanana untuk tim penertib reklame dalam hal ini alat untuk menertibkanya.

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.