DOKUMEN

Nomor Kelas : TA 362.198 Fen e
Penulis Utama : Feni Christianti
Penulis Tambahan : Tidak ada Penulis Tambahan dalam Dokumen ini.

 
Nim :
Tahun :
Badan Corporate :
Judul : Evaluasi penentuan tarif sewa kamar rumah sakit bersalin Natalia Boyolali tahun 2004
Judul Seragam :
Judul Seri :
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi - 2005
Kolasi : xii, 65 hal.: ilus., lamp.,tab.
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi NIM F.3302150
Subyek : RUMAH SAKIT BERSALIN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
Abstrak :

Rumah Sakit Bersalin (RSB) Natalia merupakan salah satu rumah sakit swasta yang terletak di Kabupaten Boyolali, yang mempunyai tujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat umum, khususnya dalam bidang persalinan. Dalam melakukan kegiatan operasionalnya, RSB Natalia Boyolali harus mampu bersaing dengan rumah sakit swasta lainnya dalam memperebutkan pangsa pasar calon pasien. Untuk dapat memenangkan persaingan tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan oleh RSB Natalia Boyolali adalah menentukan tarif sewa dengan tepat. Tarif adalah nilai suatu jasa pelayanan yang ditetapkan dengan ukuran sejumlah uang berdasarkan pertimbangan bahwa dengan uang tersebut, sebuah rumah sakit bersedia memberikan jasa kepada pasien.

Analisis data yang penulis lakukan menunjukkan bukti bahwa RSB Natalia Boyolali belum menentukan atau melakukan perhitungan terhadap unit cost yang seharusnya digunakan sebagai pedoman untuk menentukan tarif kamar, karena selama ini penentuan tarif kamar pada RSB Natalia Boyolali hanya berdasarkan pada tarif pesaing. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis melakukan penilaian tentang kemungkinan sistem penentuan unit cost RSB Natalia Boyolali dengan menggunakan metode full costing yang memberikan informasi yang lebih akurat untuk tujuan pengambilan keputusan oleh manajemen terutama dalam hal tarif. Metode ini dilakukan dengan mengelompokkan biaya atas dasar perilaku biaya terhadap perubahan volume aktivitas. Hasil analisis perhitungan harga pokok sewa kamar menunjukkan bahwa RSB Natalia Boyolali masih mempunyai kemungkinan untuk dapat memenangkan persaingan dalam hal tarif, karena untuk mencapai target surplus yang telah ditetapkannya, dapat diperoleh tarif yang lebih rendah daripada yang ditetapkan saat ini, sehingga RSB Natalia Boyolali dapat lebih leluasa dalam menentukan tarif sewa kamar.

Bukti yang penulis peroleh tersebut mendasari penulis untuk mengajukan rekomendasi pada RSB Natalia Boyolali, yaitu hendaknya RSB Natalia Boyolali menghitung kembali dengan teliti penetapan tarif sewa kamar yang selama ini hanya didasarkan pada tarif pesaingnya, karena tarif tersebut belum tentu tepat diterapkan di RSB Natalia Boyolali mengingat biaya operasional antar rumah sakit belum tentu sama, disamping itu RSB Natalia Boyolali juga perlu mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan baik dari segi kualitas maupun kuantitas untuk dapat memenangkan persaingan antar rumah sakit di Boyolali.

File Dokumen : File tidak dipublish
Status Non Public
Pembimbing :
1. Drs. Sri Hanggono, MSi, Ak
2.
3.
4.
5.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi
Harga :
Asal : Hadiah

 

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.