DOKUMEN

Nomor Kelas : Sug p 2013
Penulis Utama : Sugianto
Penulis Tambahan : Tidak ada Penulis Tambahan dalam Dokumen ini.

 
Nim : S.84110802
Tahun : 2013
Badan Corporate :
Judul : Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Prosa Fiksi Dengan Model Pembelajaran Tipe Pq4r Pada Peserta Didik Kelas Ixa Smp Negeri 1 Gesi Kabupaten Sragen Tahun 2012
Judul Seragam :
Judul Seri :
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2013
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasrjana Prodi. Bahasa Indonesia.-S.84110802-2013
Subyek : PQ4R
Jenis Dokumen : Tesis
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan minat peserta didik kelas IXA SMP Negeri 1 Gesi dalam mengapresiasi prosa fiksi dengan model pembelajaran tipe PQ4R dan (2) meningkatkan kemampuan mengapresiasi prosa fiksi dengan model pembelajaran tipe PQ4R pada peserta didik kelas IXA SMP Negeri 1 Gesi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan melalui 2 siklus dan diawali dengan kegiatan pratindakan. Pelaksanaan kegiatan setiap siklus dilakukan secara bertahap dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, hingga refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juli 2012 sampai Desember 2012. Subjek penelitian tindakan adalah peserta didik kleas IXA yang berjumlah 32 peserta didik; 8 putera dan 24 puteri dan pendidik mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX SMP Negeri 1 Gesi tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) observasi. Sasaran utama observasi ini adalah aktivitas peserta didik dan kinerja atau penampilan pendidik selama proses pembelajaran. Observasi digunakan untuk menganalisis dan merefleksi setiap siklus guna perbaikan siklus berikutnya. (2) wawancara. Pihak yang terlibat dalam kegiatan wawancara adalah peneliti, pendidik/pengajar, peserta didik, atau informan lain. Informasi yang diperoleh dari wawancara dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan dalam penelitian. (3) angket. Hasil angket dapat digunakan pendidik untuk menentukan strategi atau model pembelajaran yang sesuai dengan minat dan motivasi peserta didik serta menentukan media yang tepat. (4) tes. Tes yang digunakan adalah jenis tes tertulis untuk mengukur kemampuan peserta didik, baik kemampuan awal, peningkatan kemampuan selama proses pembelajaran, dan kemampuan akhir. Hasil penelitian tentang pembelajaran mengapresiasi prosa fiksi dengan model pembelajaran tipe PQ4R menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan minat mengapersiasi prosa fiksi dari rata-rata nilai 114,53 pada tahap pratindakan menjadi 122,46 pada tahap pascatindakan, (2) terjadi peningkatan kemampuan belajar dari rata-rata 66,41 pada tahap pratindakan menjadi 84,06 pada siklus II. Kesimpulan: Penggunaan model pembelajaran tipe PQ4R dapat meningkatkan minat dan kemampuan peserta didik kelas IXA SMP Negeri 1 Gesi tahun 2012/2013 dalam mengapresiasi prosa fiksi.
File Dokumen :
SUGIANTO-S.841108027.pdf  
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download  
IMAGE0002.JPG  
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download  
Status Public
Pembimbing :
1. Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M. Pd.
2. Prof. Dr. Andayani, M. Pd.
3.
4.
5.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana
Harga : Proyek5
Asal : Hadiah

 

Links

News

About

Perpustakaan Digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung akses obyek informasi melalui perangkat digital.